Rangkuman Materi PKn Kelas 5 SD Kebebasan Berorganisasi

Rangkuman Materi PKn Kelas 5 SD Kebebasan Berorganisasi-Assalamualaikm Wr.Wb! Kali ini sekolahsoal akan membuat rangkuman materi mata pelajaran PKn kelas 5 SD semester 2. Materinya adalah kebebasan berorganisasi. Kompetensi dasarnya mendeskripsikan pengertia organiasi, menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat, dan menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.

Rangkuman Materi PKn Kelas 5 SD Kebebasan Berorganisasi
1). Pengertian organisasi
  • Organisasi adalah suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri dari beberapa orang atau kelompok yang salingbekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
  • Sebuah perkumpulan bisa disebut organisasi, memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (a). Anggotanya terdiri dari manusia-manusia. (b). Memiliki tujuan tertentu. (c). Memiliki struktur organisasi untuk mengatur prilaku para anggotanya. (d). Memiliki kegiatan yang pasti.
  • Organisasi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu: (a). Organisasi pemerintah, organisasi yang terbentuk oleh lembaga pemerintahan, departemen-departemen, misalnya departemen pendidikan, dan lain sebagainya. (b). Organisasi non pemerintah, yaitu organisasi yang tidak terbentuk oleh lembaga pemerintah, misalnya organisai sosial, organisasi seni dan budaya, dan lainnya.
2). Organisasi di lingkungan Sekolah
  • Organisasi di sekolah merupakan contoh dari organisasi sosial. Anggota dari organissi sekolah adalah seluruh warga sekolah yang terdiri dari siswa, guru, staf sekolah, komite. Struktur organisasi sekolah terdiri dari kepala sekolah-wakil kepala sekolah - komite sekolah - tata usaha - guru - wali siswa - OSIS dan seterusnya.
  • Ada beberapa organisasi intera sekolah, contohnya organisasi komite sekolah, koperasi sekolah, OSIS, PMR, dan lainnya.
3). Organisasi di lingkungan masyarakat
  • Organisasi di masyarakat berfungsi sebagai wadah aspirasi warga masyarakat setempat.
  • Contoh organisasi yang ada di masyarakat, diantaranya RT, RW, Desa, Dusun, dan lainnya.
  • Selain organisasi RT,RW, masih ada lagi organisasi lainnya, misalnya organisasi yan dikelola oleh ibu-ibu contohnya PKK, PNPM, Perpustakaan Desa, dan lainnya. 
Demikian  Rangkuman Materi PKn Kelas 5 SD Kebebasan Berorganisasi ini, dari rangkuman ini nantinya kita akan buatkan soal-soal latihannya. Tentu soal-soal tersebut mengacu pada rangkuman yang dikembangkan sesuai dengan sebaran butir soal sesuai KD.

Waalaikumsalam Wr.Wb!

No comments:

Post a Comment

"Terimakasih sudah berkunjung ke blog sekolahsoal.blogspot.com, silahkan berkomentar dengan santun untuk feedback layanan yang lebih baik!"