Rangkuman Materi IPS Kelas 5 Materi Perjuangan Melawan Penjajah (Bahan UTS Semester 2)

Rangkuman Materi IPS Kelas 5 Materi Perjuangan Melawan Penjajah (Bahan UTS Semester 2)| Assalamualaikum sahabat pengunjung blog sekolahsoal semuanya! Mudah-mudahan semuanya sehat wal afiat. Amin! Rangkuman kali ini, mata pelajaran IPS kelas 5 SD, materi ajar perjuangan melawan penjajah. Rangkuman ini merupakan bahan soal UTS semester 2 untuk mata pelajaran IPS kurikulum KTSP.

Rangkuman Materi IPS Kelas 5 Materi Perjuangan Melawan Penjajah (Bahan UTS Semester 2)
Standar kompetensi (SK): Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Materi pokok: (a). Perjuanga para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. (b). Masa pendudukan Belanda di Indonesia.

Rangkuman
A. Sebab jatuhnya Nusantara kedalam kekuasaan bangsa Eropa
  1. Tujuan bangsa Eropa ke Indonesia; (a). Mencari dan berdagang rempah-rempah, (b). Menyebarkan agama nasrani, (c). Ekspedisi / petualangan, yang kemudian berubah menjadi keinginan menguasai dengan maksud meraih keuntungan yang sebesar-besarnya.
  2. Awal penjajahan masa Portugis di Malaka; (a). Portugis berhasil merebut Malaka pada tahun 1511 dibawah pimpinan Alfonso d'Albuquere. Malaka saat itu merupakan pusat perdagngan yang ramai. (b). Tahun 1606 Portugis mendarat di pantai Aceh, pendaratan pasukan Portugis tersebut berhasil digagalkan oleh Darmawangsa Tuan Pangkat yang setahun kemudian menjadi Sultan Aceh yang bergelar Iskandar Muda. (c). Tahun 1629 pasukan Aceh menyerang pasukan Portugis di Malaka, tetapi gagal karena Portugis dibantu pasukan Johor.
  3. Awal penjajahan Portugis di Maluku; (a). Alasan Portugis datang ke Maluku karena pada waktu itu Maluku merupakan pusat penghasil cengkih. (b). Portugis tiba di Maluku tahun 1512. (c). Terjadi perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin oleh Sultan Hairun dari Ternate. (d). Pada tahun 1570 sultan Hairun dibunuh oleh Portugis. (e). Sepeninggal sultan Hirun rakyat Ternate dipimpin oleh Sultan Baabullah yang melanjutkan perlawanan terhadap Portugis. (f). Pada tahun 1575 Portugis menyingkir dari Ternate.
  4. Awal penjajahan Portugis di Banten; (a).Banten pada masa itu merupakan pusat perdagangan lada. (b). Mulanya Portugis diijinkan oleh raja Samiam (Raja Pajajaran) untuk membangun pangkalan dan kantor dagang di pelabuhan sunda kelapa. (c). Pada tanggal 22 Juni 1527 Portugis berhasil di usir dari Sunda Kelapa ketika pada waktu itu Banten berhasil dikuasai oleh kerajaan Demak dibawah pimpinan Fatahillah. (d). Pada masa kepemimpinan Fathaillah Sunda Kelapa diganti namanya menjadi Jayakarta.
  5. Awal penjajahan Portugis di Nusa Tenggara; Portugis mengalihkan kegiatan penjajahannya ke Nusa Tenggara karena; (a). Belanda berhasil merebut Malaka pada tahun 1614, (b). di Sumatera kehdairannya mendapat perlawanan akibat kuatnya pengaruh kerjaan Aceh, (c). di Jawa juga kehadiran Portugis mendapat perlawanan karena kuatnya pengaruh kerjaan Demak, (d). di Ternate Portugis juga mendapat perlawanan rakyat Ternate, (e). Pangkalan pusat Portugis di daerah Nusa Tenggara berada di daerah Timor Timur.
    Rangkuman Materi IPS Kelas 5 Materi Perjuangan Melawan Penjajah (Bahan UTS Semester 2)
    Ilustrasi kedatangan bangsa Portugis di Perairan Nusantara
  6. Awal penjajahan Bangsa Belanda; (a). Orang Belanda tiba di Banten tahun 1596, di pimpin oleh Cornelius De Houtman, yang kemudian mendapat perlawanan rakyat Banten dan mengusrinya lantaran orang Belanda tersebut memaksa orang Banten menyediakan lada. Akhirnya orang Belanda melanjutkan pelayaran ke Bali, disana juga mereka di usir rakyat Bali. (b). Belanda datang lagi pada tahun 1599 dan berlabuh di pelabuhan Ambon, (c). Belanda membentuk persekutuan dagang yang diberi nama VOC (Verengeenigde Ost Indische Compagnie, persatuan kongsi hindia timur), (d).VOC didirikan pada tahun 1602 oleh gubernur jenderal I VOC Peter Both, dengan tujuan untuk menghindari persaingan dagang diantara mereka.
  7. Perlawanan Mataram pada VOC; (a). Nama Jayakarta oleh VOC diganti menjadi Batavia pada tahun 1619, (b). Tahun 1628 Mataram menyerang Batavia tetapi gagal karena kehabisan bahan makanan, (c). Tahun 1629 Mataram dibawah raja Sultan Agung Hanyokrokusumo melakukan penyerangan kembali ke Batavia dan gagal lagi karena persediaan perbekalan di bakar pasukan VOC.
  8. Perlawanan Gowa pada VOC;(a). Penyebab perang Gowa melawan VOC karena VOC ingin memonopoli perdagangan rempah-rempah. (b). Perang Gowa terjadi pada tahun 1666, VOC mendatangkan pasukan dari Batavia tapi Gowa berhasil menangkisnya. (c). Perang Gowa kedua terjadi pada tahun 1667, VOC dibantu raja Bone Aru Palaka. (d). Perang Gowa berkobar lagi pada tahun 1669, dan Benteng Sombaopu jatuh ketangan VOC. (e). Perlawanan Gowa berakhir dan sultan Hasanudin mengundurkan diri, dan beliau mangkat pada tahun 1670.
    Peta kekuasaan VOC
    VOC Map
  9. Perlawanan Banten terhadap VOC; (a). Perang Banten terhadap VOC terjadi pada tahun 1658 yang dipimpin oleh Sultan Ageng Tiryayasa, (b). Alasan Banten menyerang VOC karena VOC menduuduki Jayakarta, padahal Jayakarta termasuk daerah kekuasaan Banten, (c). Tahun 1682 Sultan Ageng Tirtayasa ditangkap oleh VOC dan wafat didalam penjara VOC.
  10. Perlawanan Maluku terhadap VOC;(a). Alasan Maluku menyerang VOC karena rakyat Maluku dilarang berdagang dengan pedagang lain selain dengan VOC, (b). VOC melakukan palyaran hongi, yaitu patroli mengelilingi pulau-pulau di Maluku dan kalau mendapati rakyat maluku melakukan perdagangan VOC langsung menangkapnya, (c). VOC mengadakan ekstirpasi, atau pembatasan persedian rempah-rempah dengan cara membakar persediaan rempah yang berlebihan dan menebangi pohon rempah-rempah, itu dilakukan agar harga rempah tetap tinggi, (d). Thaun 1635 rakyat Maluku berperang melawan VOC yang dipimpin oleh raja Tidore yaitu Sultan Nuku.
  11. Indonesia dibawah pemerintahan Hinida Belanda; (a). VOC dibubarkan pada 31 Desember 1799, alasan dibubarkannya karena VOC mengalami kerugian besar. (b). Penyebab kerugian VOC; perdagangan rempah-rempah sudah tidak menguntungkan lagi, VOC sering berperang sehingga memerlukan banyak biaya, dan banyak pegawai VOC yang tidak jujur. (c). Semua kekeyaan VOC diambil oleh pemerintah Belanda, (d). dan Indonesia menjadi bagian dari kerjaan Belanda dengan sebutan Nedherlands Indie (Hindia Belanda).
Update: Download Lengkap Soal UKK SD Kelas 1,2,3,4,5 Terbaru KTSP

Tag posting:
Rangkuman Materi IPS Kelas 5 Materi Perjuangan Melawan Penjajah (Bahan UTS Semester 2)


No comments:

Post a Comment

"Terimakasih sudah berkunjung ke blog sekolahsoal.blogspot.com, silahkan berkomentar dengan santun untuk feedback layanan yang lebih baik!"